Minggu, 15 Januari 2017

Manfaat dan Cara Membuat Masker Madu Untuk Perawatan Wajah

Fatati Muhainah

Manfaat dan Cara Membuat Masker Madu - Kebanyakan iklan produk kecantikan di media masa menyuguhkan deskripsi tentang khasiat produk-produknya dengan sangat menarik dan sering membuat kita termakan akan janji khasiat yang dimilikinya. Namun pada kenyataannya, setelah kita mencobanya, khasiat yang dimilikinya tidak seindah yang diceritakan bukan? 

Daripada menghiraukan janji manis  produk kecantikan, manisnya madu justru bisa diandalkan sebagai masker kecantikan wajah. Sudah banyak percobaan yang dilakukan tentang cara membuat masker madu dan khasiat yang dimilikinya. Diantara berbagai macam masker wajah alami yang bisa kita buat, madu sangat tepat untuk kita pilih karena cocok untuk semua jenis kulit lho! Baik untuk jenis kulit sensitif maupun kulit kering.

Manfaat Masker Madu

Madu yang diproduksi oleh berbagai jenis lebah penghasil madu ini kaya akan kandungan antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan, mineral, vitamin B dan C yang sangat bermanfaat untuk wajah terutama saat diaplikasikan sebagai masker. Penasaran dengan cara membuat masker madu? Sebelumnya, berikut ini adalah 8 manfaat masker yang terbuat dari bahan dasar madu:
Mampu mengatasi masalah jerawat di wajah
Jerawat di wajah biasanya muncul karena adanya infeksi yang disebabkan oleh kotoran yang masuk ke dalam pori-pori di kulit. Kandungan antibakteri dan anti-inflamasi di dalam madu efektif mengatasi dan mencegah jerawat muncul di wajah. 
Memperlambat penuaan
 Penuaan dini pada wajah disebabkan oleh kerusakan sel-sel kulit di wajah sehingga menimbulkan garis-garis halus yang berpotensi menyebabkan keriput. Masker madu dipercaya mampu memperlambat terjadinya penuaan dini dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.
Mengecilkan pori-pori
Pori-pori yang terlalu besar tentunya mengganggu penampilan kita. Kandungan vitamin C dalam madu memiliki kemampuan mengecilkan pori-pori kulit di wajah secara perlahan jika digunakan dengan rutin. Pori-pori yang kecil juga dapat mencegah produksi minyak berlebih dan masuknya kotoran yang berpotensi menimbulkan jerawat.
Menjadikan kulit terasa halus
Dengan menggunakan masker madu secara rutin sebagai perawatan wajah dapat menjadikan kulit kita terasa halus. Kandungan vitamin C di dalam madu efektif mengangkat sel-sel kulit mati yang tertinggal dan membuat wajah kasar.
Membuat kulit wajah tampak bercahaya
Kandungan vitamin E di dalam madu berkhasiat menutrisi kulit dan mencerahkan wajah secara efektif.
Membantu mengurangi dan meredakan iritasi
Kandungan antibakteri dan antioksidan di dalam madu mengurangi dampak buruk dari kuman yang membuat kulit di wajah menjadi iritasi. Disamping itu kandungan vitaminnya juga mempercepat pemulihan kulit di wajah yang mengalami iritasi tersebut.
Menjaga kelembapan kulit
Kulit yang sehat tentunya perlu dijaga kelembapannya agar tidak kering dan mudah mengelupas. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat di dalam madu mampu menutrisi kulit wajah dan menjaga kelembapannya.
Menyeimbangkan warna kulit dan membantu menghapus bekas luka
Warna kulit tidak merata biasanya sering muncul karena efek sinar ultraviolet matahari yang buruk. Kandungan vitamin C dan E efektif mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi gelap dan membuatnya tampak lebih cerah. Menggunakan masker madu secara teratur juga dapat mengurangi noda bekas luka yang ada di wajah.

Manfaat dan Cara Membuat Masker Madu Untuk Perawatan Wajah

Bahan Untuk Membuat Masker Madu

Dari manfaat yang dimiliki oleh khasiat yang dikandung madu, berikut ini adalah bahan kombinasi yang dibutuhkan untuk membuat masker madu. Cara membuat masker madu memang terdiri dari bermacam cara sesuai bahan kombinasi yang digunakannya. Berikut merupakan bahan-bahan yang dapat dijadikan sebagai kombinasi dalam masker madu:
Lemon
Kandungan vitamin C dalam lemon berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, asam sitrat yang dikandungnya juga mampu membantu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, dan memperlambat munculnya garis-garis halus dan melawan timbulnya kerutan.
Putih telur
Putih telur mendukung khasiat masker untuk menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan minyak di wajah, serta mengencangkan dan melembapkan kulit wajah karena mengandung protein tinggi, asam amino dan vitamin E yang melimpah di dalamnya.

Langkah dan Tahapan Cara Membuat Masker Madu

Dari kedua bahan yang bisa dijadikan kombinasi di atas, cara membuat masker madu ini juga dibagi menjadi dua cara. Proses pembuatannya sama, yang membedakan hanyalah bahan kombinasi yang digunakan di dalamnya. Karena terbuat dari bahan kombinasi yang berbeda, efektivitas khasiat yang diberikanpun sedikit berbeda. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

Masker madu dengan kombinasi lemon

  • Siapkan 1/2 lemon segar dan 2 sendok makan madu
  • Masukan 2 sendok madu ke dalam mangkuk dan peras belahan buah lemon ke dalamnya
  • Aduk sampai rata dan masker siap untuk digunakan


Masker madu dengan kombinasi putih telur

  • Siapkan 1 sendok madu dan satu buah telur
  • Pisahkan putih telur dari kuning telurnya
  • Campurkan madu dan putih telur dalam mangkuk dan aduk secara merata sampai membentuk pasta
  • Masker siap untuk digunakan

Cara Pemakaian atau Pengunaan Masker Madu

Dari dua kombinasi cara membuat masker madu di atas, perlu diketahui bahwa kombinasi masker madu dengan putih telur efektif untuk mengatasi jenis kulit kering agar lebih lembap secara alami. Berikut ini adalah cara pemakaian untuk masing-masing kombinasi masker madu, antara lain:
Masker madu dengan kombinasi lemon
Sebelum menggunakan masker wajah madu dan lemon ini, cuci wajah dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, sehingga masker dapat meresap dan bekerja secara efektif (membuka pori-pori di wajah juga bisa dilakukan dengan meghadapkan wajah pada uap air panas yang dituangkan ke dalam mangkuk)
  • Oleskan masker ke seluruh bagian wajah, namun hindari daerah sensitif di sekitar mata
  • Diamkan masker selama kurang lebih 15-30 menit. Karena merupakan masker yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit, diamkan sesuai sensitivitas kulit yang dimiliki
  • Bilas masker dengan air hangat dan lanjutkan dengan membilasnya dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah (menutup kembali pori-pori juga bisa dilakukan dengan hanya memberikan percikan air dingin pada wajah)
  • Keringkan wajah dengan handuk perlahan dengan cara menepuk-nepukannya saja

Masker madu dengan kombinasi putih telur
Seperti pada penggunaan masker madu dan lemon, penggunaan masker ini juga diawali dengan membersihkan sekaligus membuka pori-pori wajah dengan menggunakan air hangat
  • Aplikasikan masker madu berbentuk pasta ini ke seluruh bagian wajah sampai rata
  • Diamkan sampai mengering kurang lebih selama 30 menit
  • Jika dirasa sudah mengering, bilas dengan air sampai bersih
  • Keringkan wajah dengan handuk yang memiliki daya serap tinggi dengan menepuk-nepukannya

Perawatan wajah dengan menggunakan masker madu yang dibuat sendiri ini sudah banyak dilakukan oleh kaum wanita maupun pria lho! Sudah tergiur dengan kemanisan madu dan khasiatnya bagi wajah? Buktikan sendiri 8 manfaat yang dihasilkan dengan penggunaan masker madu secara rutin ya!