Sabtu, 14 Januari 2017

Cara Membuat Masker Tomat dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit Wajah

Fatati Muhainah

Cara Membuat Masker Tomat - Kita pasti sering merelakan uang kita untuk membeli masker perawatan wajah dari berbagai macam merk untuk mencari mana produk yang menghasilkan perbandingan nyata pada wajah sesuai dengan apa yang kita inginkan. 

Hal tersebut wajar saja, karena jenis kulit dan sensitivitas setiap orang berbeda-beda. Misalnya saja ada produk baru dan kebanyakan orang cocok setelah menggunakannya. Akan tetapi, saat kita mencobanya hasilnya nihil bahkan menimbulkan masalah di wajah. 

Akhirnya kita hanya kembali menggunakan produk lama walau hasilnya biasa saja. Saat kita merasa bosan dengan masker yang biasa kita gunakan, ini dia solusinya. Kita bisa menggunakan masker yang cocok untuk semua jenis kulit dengan cara membuat masker tomat sendiri. Menapa menggunakan tomat? Mari kita simak ulasannya dibawah sini.

Khasiat atau Manfaat Masker Tomat


Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dengan berbagai varietas yang dapat kita bedakan dengan mudah melalui warnanya. Diantaranya hijau, merah, kuning, jingga, ungu, dan ada pula tomat berwarna belang-belang. 

Seiring berkembangnya teknologi dan hasil penelitian, tomat bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, melainkan juga bahan kosmetik atau produk perawatan kecantikan. Oleh karena itu, tomat sangatlah tepat untuk dimanfaatkan sebagai masker wajah. Bahkan, saat ini sudah banyak pengetahuan tentang cara membuat masker tomat dengan berbagai jenis kombinasi. Manfaat masker tomat untuk wajah antara lain:

Cara Membuat Masker Tomat dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit Wajah

1. Mampu mengatasi kulit berminyak dan kusam
Kulit wajah yang berminyak merupakan salah satu faktor membuat kita tidak percaya diri. Tomat merupakan buah yang juga kaya akan vitamin C seperti halnya jeruk. Bersama dengan kandungan vitamin A dan asam amino, vitamin C ini efektif mengurangi kadar minyak di wajah yang berlebihan. 

2. Mampu menghilangkan jerawat
Jerawat pada dasarnya muncul karena adanya kotoran yang masuk ke pori-pori kulit di wajah dan membuat infeksi. Jerawat merupakan masalah terbesar yang membuat kita kurang percaya diri. Masker tomat tomat dinilai mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat di wajah sehingga lebih cepat mengering.

3. Efektif menghilangkan komedo
Seperti halnya jerawat, komedo juga merupakan salah satu masalah yang membuat kita tidak percaya diri. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan masker campuran buah tomat dengan alpukat. Tomat akan membuat wajah kita terbebas dari komedo dan alpukat akan membuat wajah kita menjadi lembap.

4. Mampu mencerahkan, memutihkan, serta melembapkan kulit wajah
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan E serta kandungan antikuman yang efektif mencerahkan kulit wajah dan juga menghilangkan kuman-kuman yang terdapat di kulit wajah sehingga kulit tampak cerah, lebih putih, dan terasa lembap.

5. Mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori
Kandungan vitamin C di dalam buah tomat berkhasiat mengecilkan pori-pori di wajah yang terlihat kurang enak dipandang dan membuat kita kurang percaya diri, juga membuat kulit terasa lebih kencang dan tidak kendur. 

6. Membantu mempercepat peremajaan kulit
Kandungan vitamin dan antioksidan di dalam buah tomat berperan penting dalam proses peremajaan kulit dan mencegah penuaan dini di wajah yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal tubuh.

7. Menghilangkan flek hitam
Flek hitam bisa muncul karena noda bekas jerawat yang tidak hilang atau efek buruk sinar matahari yang mematikan sel. Flek hitam timbul sebagai noda yang merupakan sisa  sel-sel kulit mati yang tertinggal. Kandungan antioksidan dan vitamin C secara perlahan dapat menghilangkan flek hitam dengan mengangkat sel-sel kulit mati tersebut.

8. Menghaluskan kulit wajah
Penggunaan masker tomat yang dilakukan secara rutin akan membuat wajah semakin terasa halus dan lembut karena masker tomat mampu membersihkan kotoran dan sisa-sisa sel kulit mati yang menyebabkan kulit kasar.

Bahan-bahan Kombinasi yang Diperlukan Untuk Membuat Masker Tomat 

Bahan yang digunakan untuk membuat masker tomat bisa bermacam-macam karena ada berbagai macam pula cara membuat masker tomat untuk wajah. Berikut ini merupakan berbagai macam bahan-bahan yang dapat dikombinasikan dalam pembuatan masker tomat berdasarkan jenis masalah wajah yang dialami:

KOMBINASI I (Untuk wajah berminyak dan berjerawat) 

-    Tomat segar (1 buah)   
-    Air perasan jeruk nipis atau lemon (1 buah)
Jeruk nipis maupun lemon kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya yang mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit mati di wajah dan mendukung khasiat masker mentimun.
- Oatmeal (1 sendok makan atau secukupnya)
Oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang penuh akan antioksidan dan memiliki kemampuan menyerap lemak atau minyak dan kotoran yang menyebabkan jerawat di wajah.

KOMBINASI II (Wajah dengan pori-pori terlalu besar)

- Tomat segar (1 buah)
- Gula merah bubuk (secukupnya)
Gula yang berasal dari nira kelapa ini membantu membersihkan pori-pori dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbatnya.
- Air perasan jeruk nipis (1 buah)
Sedangkan vitamin C dan antioksidan jeruk nipis bermanfaat untuk mengoptimalkan peringkasan pori-pori di wajah. 

KOMBINASI III (Untuk wajah yang mengalami penuaan dini)

- Tomat segar (1 buah)
- Susu cair murni (secukupnya)
Kandungan susu cair murni terutama vitamin dan mineral sangat mendukung khasiat masker tomat dalam proses peremajaan kulit, sehingga mampu mengatasi dan mencegah terjadinya penuaan dini di wajah. 

KOMBINASI IV (Untuk wajah kasar, berminyak, dan berjerawat)

- Tomat Segar (1 buah)
- Tepung maizena (1 sendok makan)
Tepung maizena yang memiliki kadar karbohidrat tinggi, vitamin, dan antioksodan mampu secara efektif membantu tomat dalam menghaluskan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang tertinggal di wajah, menyerap minyak berlebih di wajah dan mengikat kotoran yang menyebabkan jerawat.

KOMBINASI V (Untuk wajah berkomedo, berjerawat dan flek hitam)

- Tomat Segar (2 buah)
- Madu (1 sendok makan)
Madu mengandung antibakterial dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mendukung khasiat masker yang mampu mengencangkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Langkah Cara Membuat Masker Tomat

Dari beberapa kombinassi yang bisa dilakukan untuk memperoleh efektivitas khasiatnya, cara membuat masker tomat pada dasarnya sama. yang membedakan hanyalah jenis campuran bahan yang digunakan. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan kombinasi masker yang akan dibuat
2. Cuci bersih tomat, potong menjadi bagian yang lebih kecil dan haluskan menggunakan blender
3. Saring dan pisahkan sari tomat dengan ampasnya
4. Campurkan sari tomat dengan bahan kombinasi sesuai dengan jumlah takaran yang diperlukan pada setiap jenis kombinasi masker
5. Aduk sampai merata
6. Masker siap untuk diaplikasikan ke wajah (khusus untuk masker Kombinasi III, simpan terlebih dahulu dalam kulkas sampai dingin, baru diaplikasikan pada wajah) 

Cara Pemakaian Masker Tomat

Dari berbagai kombinasi cara membuat masker tomat yang pada dasarnya sama, langkah pemakaian dalam pengaplikasian maskernya sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut cara pemakaian masker tomat beserta penjelasan untuk masing-masing kombinasi:

1. Cuci bersih wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka sehingga masker dapat meresap secara efektif
2. Oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah dan leher menggunakan kapas atau kuas
3. Diamkan selama beberapa menit (untuk kombinasi I dan V diamkan selama 30 menit, untuk kombinasi II diamkan selama 15-20 menit, untuk kombinasi III diamkan selama 10-15 menit, dan untuk kombinasi IV diamkan sampai masker mengering)
4. Bilas dengan air sampai bersih (Untuk kombinasi II bilas menggunakan air hangat kemudian ulangi dengan air dingin)

Mudah dan tidak rumit bukan? Karena terbuat dari bahan alami tanpa tambahan bahan kimia berbahaya yang membuatnya cepat bereaksi, masker yang terbuat dari tomat dan bahan lainnya ini tidak dapat kita lihat hasilnya secara instan. Jadi, gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasll yang diinginkan.